Wakil Rektor II USU Pimpin Upacara Hari Pahlawan 10 November

Dalam rangka turut memperingati peristiwa kepahlawanan pada 10 November 1945, Wakil Rektor II Dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar pimpin upacara tersebut di halaman gedung Biro Rektor BPA Universitas Sumatera Utara, Selasa (10/11/16). Dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar yang menjadi Pembina upacara, memimpin para peserta upacara yang terdiri dari para dosen, mahasiswa, pegawai, dan sivitas akademika, untuk mengenang dan memberi penghormatan kepada arwah pahlawan serta mengheningkan cipta.

Hari pahlawan 3

Pada upacara itu Wakil Rektor II USU itu juga membacakan pidato peringatan Hari Pahlawan yang bersumber dari Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Dalam pidato yang dibacakan itu dikatakan bahwa, peringatan Hari Pahlawan adalah sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peristiwa tersebut memberi pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Hari pahlawan 1

Peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Dalam rangka mencapai perikehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, patriotisme progresif harus mengembangkan ketahanan bangsa untuk mandiri dalam ekonomi, berdaulat dalam bidang politik dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Hari pahlawan 2

Sejalan dengan orientasi Trisakti tersebut, Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan Visi transformativ: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong”.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorikan ke dalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Hari pahlawan 4

Bung Karno mengingatkan: “Kelemahan jiwa kita ialah, bahwa kita kurang percaya kepada diri kita sendiri sebagai bangasa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang percaya mempercayai satu sama lain, padahal kita ini pada asalnya ialah rakyat gotong royong, kurang berjiwa gigih melainkan terlalu lekas mau enak dan ‘cari gampangnya saja’. Dan itu semua, karena makin menipisnya ‘rasa harkat nasional’,--makin menipisnya rasa ‘national dignity’--makin menipisnya rasa bangga dan rasa hormat terhadap kemampuan dan kepribadian bangsa dan rakyat sendiri.

Melalui momentum Peringatan hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan menaladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti: taqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.

Hari pahlawan 5

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan Negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2016 yaitu: “Satukan Langkah Untuk Negeri”

  • ICBS Biologi FMIPA USU
    ICBS Biologi FMIPA USU
  • Pelatihan Sistem Informasi April2018
    Pelatihan Sistem Informasi April2018
  • Tata Nilai Utama BINTANG USU
    Tata Nilai Utama BINTANG USU
  • TALENTA
    TALENTA
  • Gedung Departemen Biologi
    Gedung Departemen Biologi

    Gedung Departemen Biologi merupakan bagian dari gedung yang berada dikawasan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

  • Dosen Tetap Departemen Biologi FMIPA USU
    Dosen Tetap Departemen Biologi FMIPA USU
  • apple.jpg
  • bananas_2.jpg
  • fruits.gif
  • tamarind.jpg