Delapan Prodi USU Raih ISO 9001:2015

Sebanyak delapan Program Studi (Prodi) di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU) meraih ISO 9001:2015 dari Badan Sertifikasi British Standard Institution (BSI), Kamis (24/11/16). 

ISO 1

Rektor USU Prof. Dr. Runtung, SH, MHum, didampingi para Wakil Rektor, dekan, dan Ketua Prodi di lingkungan USU, menerima langsung sertifikat ISO itu dari Managing Director BSI Rudi Antoni didampingi Direktur PT. QIMS Intrasindo Medan Ahmad Tirmizi Hutasuhut, di ruang Rapat Senat Akademik Lantai III Biro Pusat Administrasi (BPA) USU.

Kedelapan prodi yang menerima sertifikat ISO 9001:2015 itu, yakni Patologi Klinik, Telinga Hidung dan Tenggorokan Kepala dan Leher (THT-KL), Kedokteran Jiwa, Farmasi, Pendidikan Profesi Apoteker, Ilmu Perpustakaan, Sastra Arab, dan Teknologi Industri.

ISO 2

Prof. Runtung mengatakan, ini merupakan prestasi yang sangat menggembirakan karena sesuai dengan rencana program kerjanya sewaktu pencalonan sebagai Rektor USU. “Sertifikat ISO ini merupakan peningkatan prestasi, karena baru pertama kali USU menerima delapan sertifikat ISO sekaligus. Selama ini yang menilai prodi USU hanya BAN-PT,” ujar Rektor.

Diutarakannya, dari delapan prodi tersebut, satu prodi meraih penilaian GOLD (Emas) atau terbaik yaitu Patologi Klinik Fakultas kedokteran. Oleh sebab itu, nantinya diharapkan tim prodi Patologi Klinik bisa menjadi mentor bagi prodi yang lain di lingkungan USU. Dengan begitu, mudah-mudahan dapat menularkan dan pada penilaian tahun 2017 mendapat yang terbaik juga.

ISO 3

“Di tahun 2017 akan ditingkatkan jumlah prodi yang menerima sertifikat internasional tersebut, yakni sebanyak 20 dari 150 prodi yang ada. Begitu juga dengan tahun berikutnya hingga tahun 2021, sehingga selama periode kepemimpinan saya sedikitnya 75 persen atau sekitar 100 prodi dapat meraih sertifikat ISO 9001,” ucap Rektor. Sementara, Rudi Antoni menyebutkan, pemberian sertifikat ISO 9001:2015 dilakukan setelah dinyatakan tim auditor BSI memenuhi persyaratan dan juga melalui berbagai proses atau tahapan. Oleh karena itu, label sertifikat ini dapat dipertahanakan dan bahkan ditingkatkan.

ISO 5

“Dengan adanya sertifikat ini tentu akan membawa manfaat kepada seluruh civitas akademika USU. Seperti, meningkatkan kualitas kinerja, lulusan, motivasi, sehingga selaras dengan prinsip sistem manajemen kualitas yaitu Continual Improvement yang akan selalu mengiringi langkah USU untuk semakin maju, berkualitas, dan bermutu, “ sebut Rudi.

Rudi menambahkan, implementasi ISO 9001:2015 adalah aktifitas yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Untuk itu, diharapkan tim ISO dibawah Lembaga Penjamin Mutu tetap semangat menjaga kinerja baiknya agar sertifikat ini tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

ISO 4

“Poin penting dari kesuksesan implementasi ISO diperguruan tinggi adalah menjadikan ISO 9001:2015 sebagai alat untuk kelancaran dan target pencapaian dalam penilaian akreditasi BAN-PT. Semoga sasaran mutu yang telah ditetapkan selaras dengan indikator penilaian BAN-PT dapat dicapai dengan target dan waktu yang ditentukan,” tutupnya.