Penelitian Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan Program Studi

Prodi S1 Biologi USU mengembangkan kegiatan penelitian ilmiah dan pengabdian pada masyarakat secara lebih produktif dan relevan dengan hasil yang lebih bermutu. Untuk ini Prodi S1 Biologi USU memerlukan standar penjaminan mutu dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan dan fungsi standar mutu penelitian dan pengabdian ialah sebagai panduan untuk menjalankan penjaminan mutu kegiatan dua tridharma yaitu penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sasaran standar ini adalah pengelola dan dosen terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat merupakan dharma yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu pendidikan tinggi. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi-misi Prodi S1Biologi dan visi-misi Fakultas MIPA USU dilakukan dengan meningkatkan mutu kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui Pengajuan proposal penelitian ke tingkat USU dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Pengajuan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat ini mengacu pada Panduan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepad masyarakat di Perguruan Tinggi edisi IX tahun 2013 Dirjen DIKTI Kementerian Pendidikan Kebudayaan.Hasil luaran dari penelitian dan pengabdian pada masyarakat ini dipublikasikan dalam bentuk prosiding ber ISBN, jurnal ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi, internasional terindeks scopus, dan buku.

Jumlah judul penelitian dosen sesuai dengan bidang keilmuan Program Studi yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan Program Studi selama tiga tahun terakhir

Sumber Pembiayaan TS-2 (2013) TS-1 (2014) TS (2015)
(1) (2) (3) (4)
Pembiayaan sendiri oleh peneliti - - 1
PT yang bersangkutan   1 10
Depdiknas  15 17 27
Institusi dalam negeri di luar Depdiknas - - -
Institusi luar negeri - - -